onda resmi mengumumkan penarikan 646.000 tipe Jazz atau Fit dari seluruh dunia. Beruntung, tipe besutan tahun 2001-2008 yang ‘terinfeksi’ itu tidak ada yang berasal dari pabrikan Indonesia .Alasannya produksi Honda Jazz dari Indonesia memiliki spesifikasi dan karakter yang berbeda. Sumber: 125535-honda_jazz_indonesia_lolos__i_recall__i_
Apakah Anda Percaya?

Kalau saya tidak bisa percaya semudah itu. Mari kita lihat alasan penarikan Honda Jazz dunia;

Honda menemukan ada kesalahan produksi di bagian tombol jendela, yang jika kemasukan air bisa memicu arus pendek dan menyebabkan kebakaran.

Keputusan penarikan ini muncul setelah sebuah Honda Jazz yang terbakar merenggut nyawa seorang balita berusia dua tahun bernama Vanilla Nurse di Afrika Selatan. Honda Inggris lalu mengeluarkan kebijakan menarik 171 ribu Jazz yang ada di negeri itu.

Honda Inggris, seperti diberitakan timesonline.co.uk, Jumat 29 Januari 2010, menyatakan akan menghubungi seluruh pemilik Honda Jazz. Honda menyatakan, tombol jendela di mobil itu bisa mengakibatkan hubungan pendek dan menimbulkan api jika terkena air. Kondisi ini kemungkinan besar berdampak atas 646 ribu Honda Jazz di seluruh dunia.

Dalam pernyataan tertulisnya, Honda mengkhawatirkan kondisi terburuk itu bisa terjadi pada saat cuaca ekstrim, terutama pada saat hujan deras dan salju.

Bila air yang masuk melalui jendela itu dalam jumlah besar, seperti dikarenakan mencairnya salju atau banjir, maka tombol jendela dekat posisi stir akan menyebabkan arus pendek, panas tinggi, dan terbakar.

Penarikan produk jenis ini bisa berakibat pada tipe sejenis di beberapa negara. Terutama Asia, Amerika Latin, Eropa, Afrika Selatan dan Amerika Utara.
Apa yg membedakan Honda Jazz Indonesia dengan yang ada di negara lain?

Menurut Jonfis, Marketing Director Honda Prospect Motor, master tombol yang teridentifikasi cacat itu memang berasal dari kantor pusat. Tetapi, untuk pengembangannya disesuaikan dengan kondisi negara masing-masing.

“Jadi, master-nya memang dari pusat dan dikembangkan dengan iklim Indonesia,” tegas dia. Untuk itu, Honda Indonesia dalam waktu dekat akan menggelar keterangan resmi untuk meredam kepanikan konsumen dan calon pembeli.
Menurut saya, walaupun pihak Honda Indonesia menyatakan sudah melakukan pengembangan, hasilnya juga tidak akan jauh berbeda dari aslinya, karena master tombol yang teridentifikasi cacat tsb berasal dari sumber yang sama dengan yang ada dinegara lain.
Yang membedakan negara kita dengan negara lain adalah lemahnya perlindungan hukum terhadap konsumen di negara kita.

Dan saya harap Otoritas kita yg membidangi masalah ini jangan percaya begitu saja dengan alasan pihak Honda.

Dok. vivanews.com

Dok. vivanews.com

Honda Jazz Indonesia Lolos Recall, Kemungkinan Akibat Lemahnya Perlindungan Konsumen

http://politik.kompasiana.com/

0 comments:

Post a Comment

 
Top